Instruktur Senam Sebagai Suatu Profesi Menguntungkan

instruktur senam - zinisty -comInstruktur senam sebagai suatu profesi kini mulai dilirik banyak kawula muda. Bahkan beberapa artis terkenal pun menggiati senam baik sebagai hobby maupun profesional. Lihat saya Minati Atmanegara, Liza Natalia, Wanda Hamidah, Vicky Burki, Feni Rose dan lainnya benar-benar mendalami profesi instruktur senam. Beberapa dari mereka berhasil membangun studio khusus untuk melebarkan usahanya.

Mengapa profesi instruktur senam kini menjadi trend ? Hal ini diawali dari konsep hidup sehat ( healthy life style ) yang didam-idamkan banyak orang dan menyebut gaya hidup ini sebagai gaya hidup metropolis. Keseimbangan antara bekerja dan berolahraga serta tetap have fun dalam menjalani kehidupan. Menghindari penyakit dengan berolahraga secara teratur menguatkan asumsi bahwa hidup sehat itu mahal tapi berpenyakit itu lebih mahal lagi. Oleh karena itu marak bermunculan banyak pusat kebugaran sampai di pedesaan. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran untuk berolahraga semakin tinggi.

Senam yang menyehatkan serta menyenangkan

Kegiatan ini terbukti telah menjadi pilihan tepat berolahraga yang menyehatkan. Hal tersebut bisa kita lihat pada saat Pemerintah Orde Baru memulai program Senam Kesegaran Jasmani secara nasional di sekolah-sekolah pada tahun 1984. Di tahun 1988, 1992, 1994, 1996 SKJ mengalami banyak perubahan dari segi musik pengiring maupun gerakan. Fakta tersebut membuktikan bahwa senam adalah cara beraktivitas sehat yang dipercaya dapat menyehatkan semua orang secara nasional.

Senam memberikan pengalaman menyenangkan baik pada saat beraktivitas maupun setelah bersenam. Selain itu kegiatan ini memberikan kesempatan kepada para partisipan untuk melupakan rutinitas kantor walau sejenak. Kita dapat melihat keceriaan pada saat kegiatan tersebut dilakukan baik indoor maupun outdoor. Terlebih lagi dengan para instruktur yang enerjik mampu mengangkat semangat partisipan untuk melakukan gerakan-gerakan sulit.

Instruktur senam sebagai suatu profesi

Apabila Anda seorang penggiat olahraga dan ingin bertemu banyak orang, menjadi seorang instruktur profesional adalah pilihan tepat untuk Anda. Walaupun profesi ini bersifat non karir tapi pekerjaan ini memiliki potensi pengembangan diri, menjadikan Anda seorang spesialis bersertifikat internasional dan tentunya kemungkinan memperoleh pendapatan diatas rata-rata. Apabila Anda dapat meraup 300 ribu – 400 ribu untuk satu event instansi kemudian Anda mampu mendapatkan 3-4 instansi per minggu, bayangkan pendapatan Anda sebagai instruktur profesional.

Belum lagi potensi pendapatan dengan menjadi instruktur bagi ibu-ibu dan kawula muda putri dengan harga jasa mulai dari 25 ribu – 50 ribu per orang. Apabila ada 10 orang peserta saja dengan asumsi harga 25 ribu , Anda sudah memperoleh 250 ribu rupiah hanya dalam waktu 1 jam saja. Menarik bukan ?

Bagaimana merintis keberhasilan sebagai instruktur senam ?

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam profesi instruktur diantaranya adalah :
1. Mampu membangun jaringan ( network ) : Dengan jaringan pertemanan yang besar, seorang instruktur tidak akan kehabisan job / minim pekerjaan yang berujung pada minim pendapatan
2. mampu berperan aktif berkomunikasi dengan client : kebutuhan akan instruktur perlu ditanyakan secara rutin karena ada kemungkinan ide untuk aktivitas senam di kantor / instansi tercetus pada saat Anda bertanya
3. Terus memperbaharui gerakan : kegiatan ini dapat dilakukan dengan menonton live streaming di Youtube atau Vidio kegiatan senam orang lian kemudian mengaplikasikan move / gerakan baru dalam pelatihan Anda.

Mudah-mudahan 3 tips diatas dapat membantu Anda sebagai instruktur senam untuk memperoleh kesuksesan dan meraup keuntungan dalam bisnis kebugaran ini.